Minggu, 27 Februari 2011

Pertemuan II - Metode Analisis Laporan Keuangan

Analisa – analisa laporan keuangan terdiri dari penelaahan atau mempelajari adanya hubungan yang bertujuan untuk menentukan posisi keuangan dan hasil operasi serta perkembangan perusahaan yang bersangkutan.
Metode dan teknik analisa biasanya digunakan untuk menentukan serta mengukur hubungan antara pos – pos yang ada dalam laporan, sehingga kita dapat mengetahui perubahan – perubahan dari masing – masing pos tersebut jika diperbandingkan dengan laporan dari beberapa periode untuk satu perusahaan tertentu, atau diperbandingkan dengan alat – alat pembanding lainnya.
Tujuan dari metode analisa ini adalah untuk menyederhanakan data sehingga dapat dimengerti.
Pada umunya, terdapat dua metode yang digunakan oleh setiap penganalisa laporan keuangan, yaitu analisa horisontal dan analisa vertikal.
a. Analisa Horisontal
Analisa Horisontal ialah analisa yang menggunakan laporan keuangan untuk beberapa periode atau beberapa saat, sehingga akan diketahui perkembangannya. Metode ini disebut metode analisa dinamis.
b. Analisa Vertikal
Analisa Vertikal digunakan apabia laporan keuangan yang dianalisa hanya meliputi satu periode atau satu saat saja, yaitu dengan memperbandingkan antara pos yang satu dengan pos lainnya dalam laporan keuangan tersebut, sehingga hanya akan diketahui keadaan keuangan atau hasil operasi pada saat itu saja. Metode ini disebut metode analisa statis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar