Sabtu, 08 Januari 2011

Kasus - 3

THE OFFICE WORKS

Anda adalah Jackie Goudet,Adalah salah satru specialis informasi yang di Kanada yang akan mendapat jabatan manger EDI .Anda dipekerjakan untuk melaksanakan perean tersebut ketika anda memutuskan untuk berpindah dari manjemen jaringan umum kesalah satu specialis EDI.Iklan koran yang ditempatkan The Office Works,salah satu pengecer perlengkapan kantor terbesar,itulah yang membangkitkan minat anda. The Office Works telah mencoba perdagangan melalui jaringan elektronik yang dan memutuskan untuk terjun sepenuhnya .Perusahaan itu menyewa anda ntuk memasang sistem tersebut.Dua tahun lalu,anda mulai membangun hubungan elektronik dengan para pemasok an produsen serta para pedagang besar perlengkapan kantor dan pelanggan (perusahaan-perusahaan yang membeli perlengkapan kantor dari The Office Works).
Segalanya berjalan lancar ,dan anda tahu membuat keputusan yang tepat ketika Anda memilih untuk menggunakan Internet untuk pertukaran data.Andalah yang memiliki ie untuk menempatkan home page di Internet dan mengaitkannya dengan berbagai home page untuk “electronic commerce”. An “EDI”. Tanggapannya luar biasa. The Office Works home page dikunjungi lebih dari 100 kali per hari.
Anda sedang berada di meja anda di kantor pusat The Office Works ketika telepon berdering .Margaret Bennet,presiden direktur ,menelpon.Margaret memberitahukan Anda bahwa beberapa eksekutif ingin memperluas jaringan EDI dan agar Anda menemui mereka.Anda segera bangkit dan waktu rapat ditetapkan.
Margaret.
Terima kasih untuk semua yang datang.mari kita langsung ke pokok pembahasan .Sistem EDI kita telah sangat berhasil .Mungkin kita harus membiarkannya ,tetapi sebagian dari anda tertarik untuk membuat kaitan melampaui apa yang kita miliki-ke perusahaan-perusahaan yang menjual produk ke kita dan perusahaan-perusahaan yang membeli produk dari kita .Jojn(John Burn,chief financial officer),Anda pernah mengatakan pada saya bahwa anda ingin menggunakan jaringan elektronik untuk menyediakan informasi keuangan bank-bank ketika kita memohon pinjaman.Barbara Salsa,direktur sumber daya manusia ).Anda mengatakan minat yang sama untuk bertukar informasi dengan dengan kantor –kantor penempatan tenaga kerja dan pusat-pusat penempatan kerja di universiitas.Kita dapat memberitahu mereka apa yang kita inginkan dan mereka dapat memberitahu kita apa yang mereka punyai.Wilson(Wilson pruitt,CIO).saya tahu bahwa anda ingin memiliki hubungan yang seruupa dengan penjual perangkat keras dan perangkat lunak.Anda dapat mengirim permintaan untuk penawaran harga ,dan mereka dapat menjawab dengan usulan .Kita bahkan mungkin memperluas jangkauan pelanggan kita dengan menyertakan perorangan yang ingin membeli untuk keperluan rumah .Dan kita mungkin bisa bertindak lebih banyak dengan saluran pemerintah memperoleh indikator ekonomis dan statis bisnis serta menyerahkan laporan-laporan kita kepada pemerintah secara elektronik.Mungkin ada banyak sambungan baru lain yang dapat kita buat.Adakah diantara Anda yang memikirkan cara-cara lain kita dapat memperluas EDI?
(Setiap orang melihat pada orang lain,menuggu tanggapan ,tetapi tidak ada.Margaret jelas telah mempelajari kebutuhan tiap orang).
Margaret
Jadi,menurut anda bagaimana kita harus bergerak ?saya rasa kita tidak perlu melakukan semuanya sekaligus .Saya sarankan kita mengidentifikasi satu area dan berkonsentrasi padanya.(Margaret melihat pada anda )Jackie pilihlah salah satu kaitan yang telah kita bicarakkan .Pilihlah salah satu yang Anda rasa perlu diterapkan,Tuliskan suatu laporan singkat yang menjelaskan,satu,mengapa Anda memilih aplikasi tersebut,dua data dan informasi jenis apa yang akan ditransmisikan bolak-balik dan dan tiga apa manfaatnya bagi The Office Works,dapatkah Anda melakukannya ?

Jawaban:
Saya rasa ini sedikit rumit margareth, sangat sulit untuk memuaskan semua kepentingan orang dengan satu pilihan. Dulu pencarian informasi sangat sulit sampai ditemukannya google, web search engine yang membuat setiap orang menemukan informasi yang berbeda-beda dengan sangat cepat. Saya berpikir mungkin rencana jangka panjang perusahaan ini adalah mengembangkan aplikasi yang mengambil konsep serupa dengan google. Dangan persetujuan dari beberapa perusahaan-perusahaan pembeli dan penjual, bank-bank, universitas dan yayasan pencari kerja, ataupun lembaga-lembaga pemerintah. Seperi john misalnya, dengan bantuan web kau bisa berbagi laporan keuangan untuk mengajukan pinjaman. Sebenarnya hal tersebut tidak cukup rumit karena pada kenyataannya di era teknologi ini, semua bank sudah memiliki situs tersendiri untuk memudahkan kita melakukan transaksi melalui internet. Namun hal ini sangat riskan bagi kita, karena tingkat pengamanannya yang miungkin dapat dibobol oleh orang-orang tertentu sehingga kita perlu mengembangkan jalur privatisasi sendiri. Jalur khusus yang hanya bisa dilalui oleh kita dan bank-bank. Namun web ini dan situs ini tentunya harus mendapatkan persetujuan khusus dari bank-bank yang bekerja sama dengan kita. Tentunya hal itu yang sedikit menyulitkan kita.
Jika kau meminta pendapatku margaret, saya lebih tertarik dengan aplikasi memuat link-link khusus yang akan menghubungkan kita dengan pihak-pihak terkait. Link-link itu akan berada pada jalur belakang home page kita dengan kata lain tidak ditampilkan untuk umum. Pertama-tama kita akan membuat beberapa halaman yang dibagi berdasarkan fungsional-fungsional tertentu. Hal ini sama seperti disaat kita masuk kedalam account e-mail kita, atau seperti masuk ke dalam account facebook dan lainnya. Tiap accont (username dan password) yang berbeda akan memuat halaman yang berbeda berdasarkan fungsinya namun tidak akan di publish ke masyarakat umum. John misalnya saat kau masuk sebagai username Finance, kau akan terhubung dengan berbagai link-link bank dimana bank tersebut juga akan terhubung dengan kita. Kita dapat melakukan transaksi dengan pengamanan khusus, kau dapat mengupload laporan keuangan kita yang kemudian bisa didownload oleh bank-bank tertentu. Data-data yang ditransfer bisa berupa laporan keuangan dan laporan konfirmasi pinjaman dengan pihak bank. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan cepat melakukan proses pengajuan pinjaman.
Barbara, jika kau masuk sebagai username HRD, kau akan terhubung dengan berbagai universitas-universitas dan yayasan terkait. Saat kita mengumumkan pembukaan lowongan terbaru, informasi tersebut akan dikirim via e-mail, atau langsung di publih juga ke dalam situs-situs yayasan dan penerima kerja dan universitas-universitas terkait. Setelah itu, mereka juga dapat mengirimkan balik by e-mail karyawan yang mereka rekomendasikan untuk bekerja di perusahaan kita. Dengan demikian, perusahaan dapat dengan cepat mendapatkan tenaga-tenaga ahli.
Begitu juga dengan wilson, dapat mengupload purchase orders bagi perusahaan software dan hardware serta melihat katalog yang mereka kirimkan. Semua itu dapat dilakukan jika kita bisa melakukan kerjasama dengan-dengan pihak yang terkait. Adapun data yang ditransfer pada umumnya hanya dokumen-dokumen, dan keuntungannya bagi perusahaan ini adalah efektifitas dan efisiensi waktu. Dengan aplikasi ini, perusahaan dapat melakukan hal-hal yang penting dengan sangat cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar